Mobil Car Dinkes Bangka Edukasi Covid-19 Kepada Masyarakat Riausilip dan Gunung Muda

Riau Silip - Salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bangka, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka menggelar kegiatan edukasi pencegahan covid-19 melalui sistem mobile car, Rabu (3/6/2020). Sosialisasi tersebut menyasar masyarakat di wilayah tugas Puskesmas Riau Silip dan Gunung Muda.

Selain melakukan sosialisasi secara orasi, petugas kesehatan juga turun langsung ke masyarakat dan membagikan masker secara gratis. Petugas kesehatan yang turut serta diantaranya dari dinas kesehatan dan dibantu petugas dari Puskesmas Riau Silip dan Gunung Muda.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti mengatakan sosialisasi yang dilakukan timnya menggunakan standar prodedur covid-19. Yang mana menghindari kerumuman masa atau mengumpulkan masa dalam satu tempat.

"Inilah kenapa kami memilih sosialisai secara mobile car. Karena dengan cara ini kita dapat menjangkau masyarakat dan menyampaikan pesan tanpa harus mengumpulkan masyarakat dalam jumlah yang banyak di satu tempat," ungkap Then.

Sosialisasi tersebut menyusuri jalanan Belinyu dan Riau Silip. Berbagai tempat titik keramaian menjadi tujuan utama dalam penyampaian sosialisasi. Bahkan para petugas tidak segan turun langsung dengan menggunakan alat pengeras suara untuk menyampaikan materi edukasi.

Kasi Promkes Dinas Kesehatan, Arlis Danita juga menambahkan materi berkaitan dengan pelaksanaan 'new normal serba covid' kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan upaya mengikuti anjuran pemerintah pusat dalam menyikapi pandemi virus corona kedepannya.

"Apalagi pemerintah pusat sudah menetapkan pemberlakuan new normal bagi beberapa provinsi dan Kabupaten Kota di Indonesia. Kabupaten Bangka memang belum melaksanakan, tapi kita harus bersiap untuk menghadapi dan memahami new normal di kehidupan kita sehari-hari," tutup Arlis.