DINKES BANGKA LAKUKAN RAPID TEST MASSAL DI KECAMATAN BELINYU

Sebagai langkah mendeteksi dini agar dapat mencegah masuknya wabah virus covid 19 di Kecamatan Belinyu , Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka mengadakan rapid test missal di Kecamatan Belinyu. Dimana Kecamatan Belinyu salah satu kecamatan yang masih berzona hijau. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2020 di gedung serba guna Kecamatan Belinyu dengan jumlah yang diperiksa sebanyak 356 peserta, sedangkan kuota yang disediakan sebanyak 500 peserta. Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh pegawai kesehatan, pegawai instansi pemerintah, aparat penegak hukum dan masyarakat di Kecamatan Belinyu.

Kegiatan rapid test ini dilaksanakan oleh tim dari Puskesmas Belinyu, Puskesmas Gunung Muda, RSUD Eko Maulana Ali dan dibantu dari tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Bangka, tim BNPB, dan lain-lain. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prosedur protocol pencegahan covid 19. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr.Then Suyanti MM, juru bicara gugus tugas penanggulangan covid 19 Kabupaten Bangka Boy Yandra, SKM,MPH, Kepala Puskesmas Belinyu Novianti, SKM, Direktur RSUD Eko Maulana Ali Dr.Hery Rachmadoni dan Kepala Puskesmas Gunung Muda Marlinda, SKM, MM

Dari 356 peserta yang diperiksa tidak ada ditemukan hasil yang positif, artinya semua yang diperiksa menunjukkan hasil non raktif atau negative covid 19. Walaupun hasil pemeriksaan sesuai dengan yang diharapkan, masyarakat dihimbau harus tetap selalu mematuhi protokol pencegahan covid 19 yaitu selalu memakai masker, tidak keluar rumah kecuali ada keperluan mendesak, menjaga jarak atau menghindari keramaian serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

 

Menindaklanjuti kegiatan rapid test missal diatas, pada tanggal 23 Mei 2020, Puskesmas Belinyu bekerja sama dengan anggota Pramuka Saka Bhakti Husada melaksanakan kegiatan pembagian selebaran leaflet sebagai media informasi covid 19 dan pembagian masker kepada masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker saat beraktifitas di pasar. Sebagai bentuk kepedulian dan peran aktif kita sebagai petugas kesehatan diharapkan agar terus memberikan informasi dan selalu mengingatkan masyarakat akan bahaya wabah virus covid 19 yang tren kasusnya terus bertambah.