KEGIATAN POSYANDU MOBILE DI MASA PANDEMI COVID-19 PUSKESMAS BATURUSA DINKES BANGKA

Posyandu sebagai garda terdepan wadah pelayanan kesehatan masyarakat. Karena posyandu tidak melakukan pelayanan saat wabah Covid-19, Puskesmas Baturusa tetap melakukan pemantauan tumbuh kembang anak secara mandiri dengan mengunjungi Rumah Penimbang Balita Siaga (RPBS) di setiap desa di kecamatan Merawang yang merupakan salah satu inovasi puskesmas Baturusa tahun 2016 sangat membantu.

          Inovasi POSYANDU MOBILE ini memberikan pelayanan posyandu seperti biasanya dalam pelaksanaannya menggunakan ambulans dengan berpindah tempat agar tidak terjadi kerumunan. Pelayanan berupa pelayanan imunisasi dan pemantauan BB pada balita di seluruh desa se-kecamatan Merawang dengan temu janji terlebih dahulu dengan petugas medis. Kegiatan ini di laksanakan oleh petugas Gizi, petugas imunisasi dan bidan desa.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempermudah pemantauan pelaksaanaan posyandu di desa dan untuk menghindari kerumunan masyarakat dalam kegiatan tersebut.

Memantau tumbuh kembang anak dan tetap imunisasi saat Pandemi Covid-19 agar anak terlindungi dari PD3I.

Kunjungan bayi balita (D/S) tetap berjalan sebagai mestinya dan dapat menurunkan angka kematian bayi dan balita sesuai tujuan dari penyelenggaraan posyandu.