DINKES BANGKA JALANI RAPID TEST MASSAL KEPADA PENGUNJUNG PASAR KITE SUNGAILIAT DAN PARA PEDAGANG PASAR

Hari Senin, Tanggal 18 Mei 2020 telahdilaksanakanRapid Test Massal gratis yang digela roleh Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Bangka di Pasar Kite yang melibatkan tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya. Sasaran Rapid Test Massal di Pasar Kite sebanyak 300, khususnya untuk pengunjung pasar dan pedagang pasar. Total keseluruhan yang ikut dalam pemeriksaan Rapid Test Massalsebanyak 271 orang.

Pemeriksaan dimulai pukul 07.45wib. Satu per satu para pedagang maupun pengunjung mendatangi tenda yang didirikan di Pasar Kite. Setelah didata  dengan menunjukkan kartui dentitas dan nomo rtelepon, warga kemudian diambil darahnya untuk diperiksa dengan menggunakan alat rapid test. Sempat terjadi hujan, tidak menyurutkan warga untuk melakukan pemeriksaan Rapid Test Massal. Pada kesempatan itu personil TNI, Polri, turut mengamankan pemeriksaan missal tersebut.

Tampak kehadiran Pak Camat Drs.Suhardi dan Sekcam Pak Ramzi, S.STP, M.AP meninjau pemeriksaan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti, MM dan sejumlah pejabat Pemkab Bangka.Tampak hadir juga Babinkambtimnas Sungailiat Pak Manggara.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan apabila hasil pemeriksaan Rapid Test menunjukkan reaktif, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan TCM di Rumah Sakit Umum Depati Bahrin Sungailiat. Apabila warga dalam kondisi baik maka akan dilakukan isolasi mandiri. Tapi apabila kondisinya kurang baik akan di isolasi di Rumah Sakit Umum Depati Bahrin Sungailiat untuk melakukan pemeriksaan TCM (Test CepatMolekuler).  Rumah Sakit Umum Depati Bahrin Sungailiat yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI untuk melakukan pemeriksaan TCM yang kebetulan hari ini launching, ujar Boy Yandra.

“Dengan adanya TCM nantinya Kabupaten Bangka tidak susah payah lagi mengirim swabnya ke Jakarta, cukup di Rumah Sakit Umum Depati Bahrin Sungailiat. Labor kita sudah bias melihat hasilnya, tinggal menunggu 1 jam kita sudah tahu hasilnya apakah positif atau negatif. Rapid test massa lini bertujuan untuk melakukan deteksi dini dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona sehingga mempercepat penanganan penyebaran Covid-19 di Kab. Bangka,jelas Boy Yandra.