Pemkab Bangka Anggarkan Rp 22 Miliar Bangun 2 Puskesmas Pariwisata di Daerah Ini Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Pemkab Bangka Anggarkan Rp 22 Miliar Bangun 2 Puskesmas Pariwisata di Daerah Ini

Pemkab Bangka pada tahun ini akan membangun dua puskesmas pariwisata berlokasi di THR (Taman Hiburan Rakyat) Sungailiat Jalan Jenderal Sudirman dan Kelurahan Sinar Baru Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Masing-masing puskesmas pariwisata ini dianggarkan sebesar Rp 11 miliar. Total dana yang dianggarkan sekitar Rp 22 miliar.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti kepada Bangkapos.com, Sabtu (01/02/2020) di sela-sela perayaan HUT ke 10 PSC 119 SS di Kantor PSC 119 SS Jalan Jenderal Sudirman Sungailiat.

Tahun ini akan ada pembangunan dua puskesmas pariwisata yaitu di THR Sungailiat dan di Sinar Baru, lahannya sudah siap dan pak Bupati Bangka juga sudah mengecek lokasinya," kata Then.

Ditambahkannya, dengan dibangunnya puskesmas pariwisata ini maka puskesmas yang lama akan dipindahkan ke puskesmas yang baru nantinya.

"Jadi puskesmas baru yang akan dibangun ini menjadi lebih besar sehingga menjadi puskesmas pariwisata," ujar Then

Diungkapkannya alasan pembangunan Puskesmas pariwisata karena di Kota Sungailiat ini banyak lokasi atau tempat pariwisata. Selain itu ke depan juga untuk persiapan menyambut KEK Pariwisata di Kabupaten Bangka.

"Kabupaten Bangka ini masuk dalam destinasi pariwisata pusat sehingga kita mendapatkan dana DAK khusus untuk penugasan pariwisata "jelas Then.

Diungkapkannya, anggaran Rp 11 miliar tersebut dibagikan untuk bangunan sekitar Rp 7 miliar, sedangkan sisanya untuk pembelian alat kesehatan (alkes) dan satu mobil ambulance baru.

"Memang kita mencari lokasi puskesmas ini harus strategis karena untuk menunjang sektor pariwisata dan akses masyarakat ke puskesmas tersebut juga harus lancar, memiliki lahan yang cukup luas dan berada di pinggir jalan raya utama,";tukas Then.

(Bangkapos.com/Edwardi)