Puskesmas Kenanga mengeluarkan atau menjalankan INOVASI” IKAK SEHAT” Yang antinya INTERVENSI KELOMPOK AJAK KELUARGA SEHAT.

Salam Sehat...

Salah satu upaya dalam melaksanakan  Program Nasional (PIS-PK)INTERVENSI PROGRAM INDONESI A SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA, Puskesmas Kenanga mengeluarkan atau menjalankan INOVASI” IKAK SEHAT” Yang antinya INTERVENSI KELOMPOK AJAK KELUARGA SEHAT.

Sesuai dengan Bahasa Bangka IKAK berarti Kalian atau sekelompok orang kalau dihubungkan dengan bahasa program ini adalah Identik dengan Keluarga yang akan di Intervensikan. Inovasi ini sudh berjalan mulai dari tahun 2019 sampai sekarang  yang mana untuk wilayah puskesmas kenanga sendiri terdiri dari 7 wilayah kerja antara lain: Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Kelurahan Bukit Betung, Kelurahan Lubuk Kelik, Kelurahan Parit Padang, Kelurahan  Surya Timur dan Jelitik.

Proses inovasi ini adalah berintrgrasi dengan Program Program yang terkait dalam melakukan kunjungan ke Kelompok Masyarakat dan lain lainnya, Latar belakang inovasi ini berjalan dikarnakan Puskesmas Kenanga Salha satu puskesmas Perkotaan dan hampir setengah masyarakatnya beretnis tionghoa atau cina dan di tambahakan lagi kebanyakan masyarakat susah untuk berada di rumah pada saat jam kerja, jadi masyoritas mereka berada di perkantoran , OPD, Instansi Pemerintahan dll.

Dasar pelaksanaan  Inovasi ini adalah pelatihan KPP (Komunikasi Perubahan Prilaku) yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Untuk IKS (Indeks Keluarga Sehat) Puskesmas Kenanga adalah : 0,41 Per Desember 2019 dari sebelumnya 0.34 Februari 2019, yang mana kelurahan lubuk kelik yang paling tinggi IKSnya 0,55 artinya masuk dalam kategori Pra sehat.