AYO TETAP AWASI TEKANAN DARAH, KADAR GULA DARAH, KOLESTEROL DAN ASAM URAT ANDA

 SENIN, 03 FEBRUARI 2020,

Pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan asam urat dianjurkan sebagai langkah antisipasi adanya risiko hipertensi, diabetes, hiperkolesterolemia dan hiperuricemia. Dengan rutin melakukan pemeriksaan kimia darah dapat meminimalisir risiko penyakit tersebut diatas sehingga pengobatan ke dokter bisa lebih cepat tertangani.

Puskesmas sungailiat mempunyai kegiatan UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) salah satunya adalah Posbindu (Pos Pelayanan Terpadu) Safari Mobile yang dilaksanakan di tiap-tiap lingkungan wilayah kerja Puskesmas Sungailiat. Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan posbindu setelah ba’da salat Jumat di Mesjid untuk yang muslim dan di tempat ibadah lain selain muslim. Jadwal Posbindu dapat dilihat di kelurahan masing-masing.

Kegiatan Posbindu Safari Mobile berkoordinasi dengan pihak pengurus mesjid/ rumah ibadah lain, kepala lingkungan/ RT dan pihak kelurahan. Kegiatan tersebut berlangsung sejak November 2019 sampai saat ini sebagai bukti keseriusan kami dalam meningkatkan SPM serta mengurangi angka kematian karena penyakit PTM (Hipertensi, Stroke, Diabetes Mellitus dan Kanker Leher Rahim). Kegiatan ini terlaksana dengan TIM yang terdiri dari dokter, pengelola PTM, perawat, serta teman program lain yang saling terintegrasi. (ungkap Ibu Maretta).

Menurut anggota perwakilan PPNI (Pak Sucasman) menjelaskan bahwa pentingnya menjaga kesehatan tubuh anda setiap hari dengan mengikuti saran/ anjuran yang diberikan oleh dokter dengan melakukan germas (gerakan masyarakat hidup sehat) yaitu aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan buah dan sayur serta cek kesehatan secara rutin.

Pastikan bagi yang punya risiko diabetes, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi ,menghindari makanan yang terlalu manis pada saat berbuka dan sahur. Yang punya risiko hipertensi dan hiperkolesterolemia, jangan lupa untuk menghindari makanan asin dan goreng-gorengan (berlemak). Yang punya risiko hiperuricemia sebaiknya menghindari makanan seperti kacang-kacangan dan jeroan.

Bagi masyarakat yang menderita hipertensi, hiperkolesterolemia, diabetes dan hiperuricemia, jangan lupa supaya rutin kontrol ke puskesmas. Pastikan tubuh istirahat yang cukup. SALAM GERMAS