Data 10 Penyakit Terbanyak 2016 Kabupaten Bangka

10 Penyakit Terbanyak 2015

PUSKESMAS PETALING ADVOKASI PENERAPAN PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) di SDN 1 MENDO BARAT.

Puskesmas Petaling melangsungkan kegiatan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) pada tingkat Sekolah Dasar pada Kamis 02 Maret 2017 di SDN 1 Mendo Barat. Kegiatan ini diawali oleh sambutan Kepala Sekolah SDN 1 Mendo Barat Hj.Rosina,Spd.sd yang dihadiri oleh tim dari Puskesmas Petaling melalui program promosi kesehatan dan petugas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan “Indonesia Sehat” serta salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan. Kondisi yang sehat dapat dicapai dengan kemauan dan keinginan yang tinggi dalam merubah perilaku hidup bersih & sehat (PHBS) dari masyarakat. Perubahan perilaku tersebut harus ditanamkan sejak dini dimulai dari sekolah dasar. Hal ini yang mendasari Puskesmas Petaling melakukan kegiatan penyuluhan perilaku hidup bersih & sehat (PHBS).

Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama Maret 2017 di 25 SD/MI dalam wilayah kerja Puskesmas Petaling Kecamatan Mendo Barat. Kegiatan ini juga mendapat dukungan yang baik dari Kepala Puskesmas Petaling Birman, SKM. Sasaran yang diprioritaskan dalam kegiatan ini adalah siswa/siswi kelas 5 dan 6. Kepala Sekolah SDN 1 Mendo Barat Hj.Rosina,Spd.sd mengharapkan kepada peserta didiknya agar dapat menerapkan perilaku hidup bersih & sehat (PHBS) dilingkungan sekolah dan masyarakat serta kehidupan sehari-hari. Karena kebersihan adalah sebagian dari Iman serta kebersihan adalah pangkal kesehatan.

Kegiatan penyuluhan ini diikuti sebanyak 52 peserta didik, selain itu dilakukan pembinaan sekolah sehat oleh petugas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Petaling Dwi Afriyanti,SKM dengan memperagakan kepada peserta didik tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang baik dan benar, dan pemutaran video perilaku hidup bersih & sehat (PHBS) serta video cuci tangan pakai sabun (CTPS). #Promkes Dinkes_PKM Petaling