Data 10 Penyakit Terbanyak 2016 Kabupaten Bangka

10 Penyakit Terbanyak 2015

PUSKESMAS BATURUSA BENTUK DAN LATIH KADER POSBINDU

PUSKESMAS BATURUSA BENTUK DAN LATIH KADER POSBINDU

                Kepala Puskesmas Baturusa Tafwid,SKM. MPH membuka secara resmi pelatihaan kader Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU PTM) bagi seluruh Desa Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. Kegiatan pembentukan dan pelatihan kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) ini terlaksana pada penghujung Februari 2017 di ruang pertemuan Puskesmas Baturusa dengan peserta  50 orang kader. Setiap desa mengirimkan 5 orang kader untuk diatih menjadi kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM).

                Kepala Puskesmas Baturusa Tafwid, SKM, MPH, dalam sambutannya mejelaskan bahwa Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak menular (POSBINDU PTM) adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang melibatkan peran serta masyarakat melalui upaya promotif dan preventif untuk mendetiksi secara dini penyakit-penyakit yang tidak menular di masyarakat. Kegiatan ini dipertanggung jawabkan oleh masyarakat serta jadwal dan jenis kegiatannya yang juga ditetapkan oleh masyarkat.

               Data yang diperoleh Puskesmas Baturusa pada tahun 2016, lebih dari 70% penderita penyakit tidak menular (PTM) belum mengetahui kalau dirinya sakit dan 30% penderita tidak berobat secara teratur. Hal ini dikarenakan masyarakat kurang menyadari tentang penyakit tidak menular (PTM) dan faktor risiko untuk timbulnya penyakit tidak menular (PTM) di masyarkat kegiatan pencegahan & Penanggulangn PTM belum terkoordinasi secara terpadu. Oleh sebab itu diperlukan reformasi Pelayanan Kesehatan & Perencanaan yang komprehensif dan Berbasis Masyakarat.

               Manfaat dan Tujuan POSBINDU Penyakit Tidak Menular (PTM) atau yang lebih dikenal dengan 5M, yaitu; (1) Mawas Diri, (2) Membudayakan Gaya Hidup Sehat, (3) Mudah dijangka, (4) Murah dilaksanankan dan (5) Metodologis dan Bermakna Secara Klinis. Kegiatan Posbindu ditujukan untuk orang dewasa mulai umur 15 tahun, baik yang memiliki faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) seperti (merokok, pola makan tidak seimbang, kegemukan, tekanan darah tinggi, kurang aktifitas fisik, riwayat keluarga dengan penyakit tidak menular, dll) maupun orang dengan yang tidak memiliki faktor risiko penyakit tidak menular (PTM).

               Budaya Gaya Hidup Sehat dengan berperilaku CERDIK, yaitu; (1) Cek kondisi kesehatan anda secara berkala, (2) Enyahkan asap rokok, (3) Rajin aktifitas fisik, (4) Diet yang sehat dengan kalori seimbang, (5) Istirahat yang cukup serta (6) Kelola Stres. #Promkes Dinkes Bangka_PKM Baturusa