Data 10 Penyakit Terbanyak 2016 Kabupaten Bangka

10 Penyakit Terbanyak 2015

PUSKESMAS SUNGAILIAT SIAPKAN MIN 1 SUNGAILIAT MENUJU SEKOLAH SEHAT TINGKAT PROVINSI

PUSKESMAS SUNGAILIAT SIAPKAN MIN 1 SUNGAILIAT  MENUJU SEKOLAH SEHAT TINGKAT PROVINSI

Minggu ke tiga Februari 2017, Puskesmas Sungailiat melakukan pembinaan Sekolah Sehat pada SD MIN 1 Sungailiat. Kegiatan tersebut diikuti oleh staf Puskesmas Sungailiat : drg. Fero Munadri, Rahmalena SKM, Dita Novayanti AMD, yang didampingi oleh penanggung jawab UKS dan Kepala Sekolah MIN 1 Sungailiat.

Pembinaan ini merupakan upaya berkelanjutan pihak Puskesmas dalam mengikutkan SD MIN 1 pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi. Sebelumnya, telah dilakukan pembinaan di SD MIN 1 pada Lomba Sekolah Sehat tingkat kabupaten dan mendapat Juara 1.

Wujud komitmen Puskesmas Sungailiat dalam kerjasama lintas sektoral dengan dunia pendidikan terlihat dengan adanya pembinaan ini. Lomba sekolah sehat ini menjadi “trigger” untuk sekolah dalam memberdayakan UKS menjadi lebih aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Pada kesempatan pembinaan ini disampaikan materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta memperkenalkan 8 indikator PHBS kepada siswa-siswi SD MIN 1 Sungailiat. Pihak Puskesmas bersama-sama siswa-siswi SD MIN 1 juga melakukan peragaan cara mencuci tangan serta menyikat gigi yang baik dan benar. Hal ini dilakukan untuk mendidik siswa-siswi agar membiasakan berperilaku PHBS dalam kehidupan sehari-hari baik disekolah maupun dirumah.

Kegiatan ini menjadi kegiatan berkelanjutan dari upaya promotif Puskesmas Sungailiat di lingkungan Kecamatan Sungailiat, dan selaras dengan salah satu Misi Puskesmas “Mengembangkan Paradigma Sehat” agar Visi “Tercapainya Kecamatan Sungailiat Sehat Menuju Bangka Bermartabat” dapat tercapai. Salam sehat selalu untuk anak Indonesia. (Promkes_Dinkes, PKM_Sungailiat)