Sepuluh Penyakit Terbanyak Kabupaten Bangka Tahun 2016

10 Penyakit Terbanyak 2016

 

PUSKESMAS BATURUSA SEGERA TANGANI PENINGKATAN KASUS DIARE DI JADA BAHRIN

PUSKESMAS BATURUSA SEGERA TANGANI PENINGKATAN KASUS DIARE DI JADA BAHRIN

Awal Februari 2017, Puskesmas Baturusa melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) Kejadian Luar Biasa (KLB) Diare di Desa Jada Bahrin. PE ini diikuti oleh Kepala Puskesmas Baturusa, Kepala Desa, Bidan Desa, perangkat desa dan Babinsa Desa Jada Bahrin.

Pelaksanaan kegiatan PE ini didasarkan pada peningkatan kasus Diare dari 10 kasus menjadi 14 kasus dalam minggu yang sama di Desa Jada Bahrin. 4 kasus diare ini terjadi di dusun Limbung dan 10 kasus di dusun Jada.

Setelah dilakukan PE selanjutnya dilakukan penyuluhan mengenai penyakit Diare oleh petugas Promkes Puskesmas Baturusa yang dibuka oleh Kepala Desa Jada Bahrin dan sambutan Kepala Puskesmas. Kegiatan penyuluhan ini diikuti perangkat Desa Jada Bahrin, BPD, Kadus serta peserta penyuluhan 35 orang ibu-ibu muda yang mempunyai Balita.

Kegiatan PE ini bertujuan mencegah dan mengantisipasi penyebaran kasus diare di Desa Jada Bahrin terutama bagi keluarga yang mempunyai Balita. Pihak Puskesmas berharap dapat menurunkan kejadian Diare dari 10 kasus menjadi 4 kasus dalam minggu II. (Promkes_Dinkes, PKM_Baturusa)