PUSKESMAS PETALING PUSKESMAS PERTAMA SEBABEL YANG AKAN TERAKREDITASI

Depan: Kiri-kanan Helmi Wahid, SKM M.Si; dr. Then Suyanti; Fery Insani; drg. Mulyono S. MHSM; H.dr. Kus Sularso M.Kes dan dr. Wildan Asfan Hasibuan, M. Kes Belakang kanan-kiri: dr Nurhasanah bersama Birman SKM dan staf Pkm Petaling

Rabu, 27 Juli 2016 Merupakan hari yang bersejarah bagi Puskesmas Petaling Kabupaten Bangka untuk melangkah lebih maju menjadi PUSKESMAS YANG TERAKREDITASI. Sekda Bangka Fery Insani didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung drg. Mulyono Susanto MHSM dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti saat membuka acara kegiatan Survey Akreditasi di Puskesmas Petaling mengatakan sangat mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas melalui Pendekatan Penilaian Akreditasi. Dengan meningkatnya mutu pelayanan harapannya kewajiban Pemerintah dibidang Pelayanan Publik dapat lebih berkualitas dan derajat kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan.

Akreditasi Puskesmas adalah Pengakuan terhadap Puskesmas  yg diberikan oleh Lembaga Independen Penyelenggara Akreditasi yg ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Puskesmas  tersebut  memenuhi standar akreditasi.

Survei dilakukan selama 3 hari yaitu dari tanggal 27 Juli sampai 29 Juli 2016 oleh 3 orang Surveyor yang berasal dari daerah yang berbeda. Surveyor Administrasi Manajemen (Admen) yaitu Bapak Helmi Wahid, SKM M.Si yang berasal dari Ogan Ilir Sumatera Selatan, Surveyor Upaya Kesehatan Masyarakat yaitu Bapak H.dr. Kus Sularso M.Kes yang berasal dari Jawa Tengah dan Surveyor Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) yaitu dr. Wildan Asfan Hasibuan, M.Kes yang berasal dari Provinsi Riau.

Penilaian akreditasi diawali dengan Paparan Kepala Puskesmas Petaling terkait gambaran kondisi kesehatan, permasalahan dan upaya-upaya pelayanan yang dilakukan. Baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Pelayanan Kesehatan Masyarakat (UKM). Upaya Peningkatan Mutu, Upaya Peningkatan Kinerja dan Upaya-upaya untuk keselamatan pasien (Patien safety). Ketua Tim Surveyor mengatakan Akreditasi Puskesmas bukan hanya penilaian dokumen tapi melihat sejauhmana apa yang ditulis di dokumen telah diterapkan dalam peningkatan Mutu Pelayanan. Intinya Tulis yang kita kerjakan dan kerjakan apa yang kita tulis.

Penilaian akreditasi dilanjutkan dengan telaah Dokumen Administrasi dan Manajemen Puskesmas (Admen), Dokumen Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Dokumen Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Telaah Dokumen diikuti dengan telusur pada sasaran dengan wawancara dan observasi  untuk melihat sejauhmana pemahaman terhadap dokumen dan berjalannya “Sistem” Ujar Then Suyanti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fasilitas meliputi sarana dan prasarana.

Drg. Mulyono Susanto, MHSM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan “Saya berharap banyak dengan Puskesmas Petaling, karena Puskesmas Petaling merupakan Puskesmas Pertama se-provinsi Kep. Babel yang kita ajukan untuk dilakukan penilaian”. “Keberhasilan Puskesmas Petaling merupakan motivasi besar bagi Puskesmas-puskesmas di Babel pada umumnya dan di Kab Bangka khususnya”.

Penilaian akreditasi dihari terakhir yaitu Para Surveyor melakukan klarifikasi kegiatan-kegiatan Puskesmas Petaling dengan  menelusuri peran lintas sektor. Pada kesempatan tersebut hadir unsur pemerintah kecamatan Mendo Barat, yaitu Camat Mendo Barat Bpk Basuni Ap.Msi, Kepala Desa Petaling Banjar Bpk Mahruf ,Kepala Desa Zed Mat Alim ,tokoh masyarakat Bapak Iskandar, Kepala UPTD  Pendidikan Mendo Barat Bapak Ishak, Tokoh Pemuda Bapak Ihsan, Kepala KUA Bapak Sunarto, Bapak Sugiarto dari Polsek Mendo Barat dan lain-lain, masing masing ditelusuri peran mereka dalam pembangunan kesehatan dan kerjasamanya dengan puskemas. Penilaian diakhiri dengan   exit conference, Yang memberikan gambaran hasil survey kepada Puskesmas Petaling, dan Dinas Kesehatan.

Hasil survey selanjutnya di kirim ke komisi Akreditasi FKTP di Pusat untuk kemudian baru ditetapkan apakah  tidak terakreditasi, terakreditasi dasar, terakreditasi madya, terakreditasi utama dan yang tertinggi adalah terakreditasi paripurna.

Penutupan Kegiatan Penilaian akreditasi di Puskesmas Petaling ditutup oleh Asisten III Setda Bangka Drs. Arman didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dan Camat Mendo Barat beserta para Pendamping Akreditasi di Kabupaten Bangka.   Dalam sambutannya pak Arman mengharapkan agar penilaian akreditasi ini berdampak pada peningatan mutu pelayanan puskesmas sehingga masyarakat menjadikannya pilihan utama  dalam memenuhi kebutuhan terhadap akses pelayanan kesehatan, kehadiran Pemeritah daerah dan Kecamatan di Kabupaten Bangka pada penilaian survey akreditasi menunjukkan komitmen yang kuat Pemerintahan Daerah akan pembangunan kesehatan di Kabupaten Bangka khususnya dan Propinsi Bangka Belitung pada umumnya. Komitmen yang ditunjukkan dengan memenuhi segera sarana dan prasarana puskesmas baik gedung, alat kesehatan dan tenaga kesehatan sehingga diharapkan seluruh puskesmas di Kabupaten Bangka telah memenuhi standar sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Ke depan dengan akreditasi diharapkan akan terus menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas yang telah diakui mutunya oleh lembaga yang terpercaya.(Susi Marwan/Seksi Promkes).