LOMBA POSYANDU DAN PHBS TINGKAT PROVINSI

Sungailiat, Selasa tanggal 22 Maret 2016 dilakukan acara penilaian lomba desa PHBS & LBS  dan lomba posyandu tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2016. Kegiatan ini melibatkan beberapa lintas sektor terkait yaitu kantor KBPP, PKK, DINAS KESEHATAN dan PUSKESMAS.

Menjelang hari penilaian lomba dilakukan secara terpadu pada tanggal 7 dan 14 maret 2016 desa PHBS dan LBS yang dipilih adalah Desa Air Duren Kecamatan Pemali dengan pertimbangan Desa Air Duren merupakan desa siaga dengan strata mandiri dan sudah terintegrasi dengan PHBS, lalu pencapaian hasil survey PHBS dan LBS adalah sebesar 74% melalui kerja sama yang berkesinambungan antara petugas kesehatan dan kader maka desa Air Duren ini diikutisertakan dalam lomba tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sedangkan untuk posyandu yang terpilh mewakili Kabupaten Bangka ke tingkat provinsi adalah Posyandu Perkutut lingkungan Hakok Keluruhaan Matras Kecamatan Sungailiat. Terpilihnya Posyandu Perkutut ini karena mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan posyandu yang lainnya, diantaranya memiliki bangunan gedung sendiri, cakupan pelayanan program pokok di posyandu melebihi dari 50%, memiliki cakupan sehat di atas 50%, dan memiliki program inovasi tambahan sehingga Posyandu Perkutut merupakan posyandu yang telah terintegrasi.

Penilaian dilakukan oleh tim dari provinsi yang terdiri dari Dinas Kesehatan Provinsi, BKKBN, KB-KES, PKK, dll. Dalam penilaian ini dihadiri oleh ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Hj. Mina Tarmizi Sa’at, Wakil Ketua Ny. Suriani Rustamsyah, dan Ketua Dharma Wanita Hj. Dini Fery Insani, serta turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti, MM.

Besar harapan ibu Hj. Mina Tarmizi Sa’at selaku ketua tim penggerak PKK Kabupaten Bangka, Posyandu Perkutut lingkungan Hakok, Desa Air Duren Kecamatan Pemali bisa mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke tingkat Nasional.