SMS BUNDA CERDAS LAYANAN INFORMASI GRATIS PARA IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI NOMOR SERVER : 08117176299

Sabtu, 20 Februari 2016, Bupati Bangka H. Tarmizi Sa’at melakukan peluncuran salah satu inovasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka yaitu SMS Bunda Cerdas yang bertepatan dengan acara Call Center & Aplikasi android di Hotel Novilla, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kep. Bangka Belitung drg. Mulyono Susanto, MHSM, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bangka dr. Then Suyanti, MM, seluruh Camat,  perangkat desa, Kepala Puskesmas, PKK, dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Bangka.

Pada kegiatan ini diperkenalkan program baru dari Dinas Kesehatan yaitu SMS Bunda Cerdas. SMS Bunda Cerdas adalah SMS yang berisi edukasi/ penyuluhan/ informasi untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang dikirimkan setiap minggu secara gratis. SMS yang dikirimkan ke ibu hamil atau ibu yang memiliki anak hingga usia dua tahun sifatnya satu arah dan bukan merupakan SMS interaktif.

Adapun tujuan dari SMS Bunda Cerdas adalah memberikan edukasi dan informasi kesehatan kepada ibu hamil dan ibu menyusui dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Sedangkan tujuan khususnya agar ibu hamil menjalani kehamilan yang sehat, dan agar bayi hingga baduta (bayi dua tahun) bertumbuh dan berkembang dengan optimal.

Bupati berharap dengan adanya program SMS Bunda Cerdas dapat membantu atau mempermudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang kesehatan kepada ibu hamil dan ibu menyusui, sehingga tidak ada lagi kematian ibu melahirkan atau bayi yang dilahirkan.