Aplikasi Sisrute Mempermudah dan Mempercepat Proses Rujukan Pasien

Sungailiat, Dinkes- Guna meningkatkan kinerja fasilitas kesehatan, serta untuk mempercepat proses rujukan sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi fasyankes. Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melakukan Monitoring Evaluasi Sisrute (Sistem Rujukan Terintegrasi) bagi petugas kesehatan yang ada di Kabupaten Bangka.

Kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka pada hari Rabu Tanggal 27 November 2019, yang dihadiri oleh dokter, perawat, bidan dan penanggung jawab Sisrute  yang ada di Puskesmas dan Rumah Sakit Se-Kabupaten Bangka.

Acara dibuka oleh dr.Then Suyanti, MM dalam sambutannya menyebutkan rujukan untuk pasien saat ini sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi .

"Sistem Rujukan Terintegrasi (Sisrute) sebagai media komunikasi dan informasi yang menghubungkan data pasien dari Puskesmas ke Rumah Sakit (horizontal maupun vertikal). Pada dasarnya penggunaan aplikasi Sisrute difasilitas kesehatan yang ada  di Kabupaten Bangka sudah bagus, namun kedepannya kita harus optimalkan lagi sistem Sisrute ini". Ungkap dr.Then Suyanti, MM

dr.Then menambahkan tujuan dari aplikasi ini untuk mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien. Dan Sisrute dapat di akses oleh setiap fasyankes yang telah memiliki username dan password.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Herman, SKM, MKM berharap pengelola aplikasi Sisrute memahami aplikasi dengan baik dan antara Puskesmas maupun Rumah Sakit harus memiliki komitmen sehingga tercapainya pelaksanaan rujukan yang mudah dan cepat.

"Diharapkan pengelola sistem aplikasi Sisrute memahami aplikasi dengan baik dan memiliki komitmen sehingga proses perujukan berjalan dengan baik antara Puskesmas ke Rumah Sakit, serta sistem informasi rujukan terintegrasi sebagai acuan untuk pelaksanaan rujukan di Rumah Sakit". Harap Herman

Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Lia Anggraini, SKM, M.Kes mengatakan untuk tenaga kesehatan yang sudah mengetahui apa itu aplikasi sisrute agar dapat mengimplementasikan kepada tenaga kesehatan lainnya.

"Untuk tenaga kesehatan yang sudah disosialisasikan mengenai Sisrute diharapkan dapat mengimplementasikan ilmunya kepada tenaga kesehatan lainnya di fasyankes masing-masing. Harapan saya Sisrute bisa terimplementasi dengan baik sehingga bisa mepercepat proses rujukan pasien yang ada di Kabupaten Bangka". Ujar Lia