Pentingnya Penatalaksanaan Pengelolaan Limbah Medis yang baik dan benar pada Rumah Sakit dan Puskesmas

Sungailiat, Dinkes- Puskesmas dan Rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang setiap pelayanannya menghasilkan limbah medis maupun non medis baik cair ataupun padat dalam jumlah yang tidak sedikit.

Guna meningkatkan mutu kesehatan di masyarakat, Dinas Kesehatan melalui seksi Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) melakukan kegiatan sosialisasi penatalaksanaan limbah medis pada Puskesmas dan Rumah Sakit.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Kabid Pelayanan Kesehatan, Badan Badan Perencanaan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Kepala Puskesmas dan sanatarian sekabupaten Bangka.

Pertemuan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr.Then Suyanti, dalam sambutannya menyampaikan limbah medis yang tidak di kelola dengan benar dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

" Untuk limbah medis yang tidak di kelola dengan baik dapat membahayakan kesehatan masyarakat karena limbah medis menganding virus dan kuman, maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan untuk penanganan limbah medis yang dihasilkan oleh fasilitas pelayanan kesehatan yang ada diwilayah Kabupaten Bangka dapat tertangani lebih baik lagi". Ungkap dr.Then

Selaku Kepala Bidang P2PL Anggia Murni, SKM, M.KM menyebutkan pertemuan ini memfasilitasi Puskesmas untuk mengetahui cara- cara pengusulan izin tempat penyimpanan dan pembangunan limbah.

"Langkah selanjutnya adalah pengurusan izin pengelola limbah dan pertemuan ini memfasilitasi Puskesmas untuk lebih mengetahui cara-cara pengusulan izin tempat penyimpanan sementara limbah B3 dan izin pembangunan limbah medis hasil olahan IPAL pada air permukaan". Ujar Anggia