Dinkes Bangka Lakukan Peningkatan kompetensiTenaga kesehatan pada Pelayanan Kesehatan Sesuai StandarPuskesmas Se Kabupaten Bangka

Sungailiat, Dinkes- Peningkatan kapasitas tenaga kesehatan pada puskesmas sangat penting, dengan melakukan pemberian  pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan standar.

Dinas Kesehatan melalui seksi Pelayanan Kesehatan melakukan kegiatan peningkatan kompetensi  tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai standardiPuskesmas.

Kegiatan yang dilakukan di Ballroom Manunggal Hotel pada hari Senin 04 November 2019, di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Dinas Kesehatan Bangka, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Bangka, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bangka, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Bangka, Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Bangka dan para undangan.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten BangkaHarmendo, SKM, M.Kes, dalam sambutannya menyebutkan indeks keluarga sehat (IKS) wilayah Kabupaten Bangka mengalami peningkatan.

"Peningkatan nilai IKS dikarenakan kita telah melakukan intervensi pada keluarga yang memiliki masalah kesehatan dan jumlah keluarga yang telah dilakukan intervensi sebesar 4849KK dari target kita 17.456KK". ungkap Harmendo

Ia mengharapkan agar semua Puskesmas di wilayah kecamatan,se Kabupaten Bangka dapat meningkatkan nilai indeks keluarga sehat (IKS).

"Diharapkan untuk semua Puskesmas di wilayah kecamatan untuk dapat meningkatkan nilai IKSnya, dan intervensi lanjut dapat dilakukan berdasarkan IKS keluarga. Dengan cara melakukan kunjungan keluarga langsung dengan IKS pra sehat dan tidak sehat sesuai dengan masalah yang ditemukan dalam keluarga tersebut oleh tim Darbin (Daerah Binaan) bekerjasama dengan perkesmas dan pengelola program lainnya".HarapHarmendo

Adanya tujuan kegiatan ini seperti yang di sampikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan, dr.Nurhasanah dalam pelayanan yang sesuai standar sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

"Pelayanan yang sesuai standar sebagai upaya Dinas Kesehatan melalui Puskesmas, untuk memenuhi hak masyarakat agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, serta bertujuan untuk meningkatan mutu pelayanan kesehatan, dengan memaksimalkan manajemen Puskesmas dan peningkatan IKS dengan intervensi lanjutan secara terintegrasi program". Ujar dr.Nurhasanah