Dinkes Bangka Gelar Pelatihan Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (PPI) Di Fasilitas Kesehatan Tahun 2019

Sungailiat, Dinkes - Salah satu masalah kesehatan di Indonesia sampai saat ini ialah penyakit infeksi dan untuk mengatasi masalah inisalah satunya dengan melakukan pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) pada masyarakat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pada Puskesmas menggelar pelatihan peningkatan kemampuan pada petugas kesehatan dalam mencegah dan menanggulangi infeksi pada fasilitas kesehatan Tahun 2019.

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) sebagai upaya untuk mencegah terjadinya infeksi pada pasien, petugas, pengunjung, serta masyarakat sekitar fasilitas pelayanan kesehatan.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan di Ballroom Hotel Novilla Resort Sungailiat selama 2 hari yang di mulai pada hari Jumat 01 November 2019 sampai 02 November 2019. Pada kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya KesehatanDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Narasumber kepala Instalalsi Sterilisasi dan Binatu RSUP Fatmawati Jakarta, serta para dokter dan perawat sekabupaten Bangka.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan Devi Irawati, S.Si, APT , dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyakit infeksi terkait pelayanan kesehatan yang merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi diseluruh Negara di dunia, oleh karena itulah upaya mencegah dan mengendalikan infeksi menjadi salah satu program utama dalam melindungi masyarakat untuk mewujudkan patient safety yang akan memberikan dampak yang positif pada manajemen fasilitas pelayanan kesehatan dan peningkatan kualitas pelayanan.

"Upaya pencegahan dan pengendalian di fasilitas pelayanan kesehatan sangat penting apabila terlebih dahulu petugas dan pengambil kebijakan memahami konsep dasar penyakit infeksi, kewaspadaan isolasi dan penerapan PPI merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya Kejadian infeksi rumah sakit (HAIs)" Ungkap Devi Irawati

Jenis infeksi penyakit yang sering terjadi pada fasilitas kesehatan akibat HAIs seperti infeksi aliran darah primer, infeksi saluran kencing dan infeksi daerah operasi. Maka dengan adanya PPI diharapkan masyarakat agar dapat lebih paham dan peduli tentang pentingnya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), serta dapat berperan aktif dalam mencegah terjadinya infeksi suatu penyakit, salah satunya dengan melakukan kegiatan mencuci tangan yang benar, baik untuk pasien, keluarga, maupun petugas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka dr.Then Suyanti, MM menyampaikan bahwa pencegahan dan pengendalian infeksi merupakan upaya untuk memastikan perlindungan kepada setiap orang terhadap kemungkinan tertularnya infeksi.

"Tujuan dan sasaran pada program pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) sebagai upaya melindungi sumber daya manusia kesehatanpasien dan masyarakat dari penyakit infeksi yang terkait dengan pelayanan kesehatan baik di fasilitas pelayanan tingkat pertama, maupun di Faskes rujukan. Dengan cara memutus siklus penularan penyakit infeksi melalui kewaspadaan standar dan berdasarkan transmisi". Ujar dr.Then Suyanti (01/11/2019)