Dinas Kesehatan Kab.Bangka Gelar Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2019

Sungailiat, Dinkes-  Tumbuh kembang yang optimal pada balita sebagai langkah awal dalam mencegah stunting, Dinas Kesehatan Kab.Bangka menggelar lomba balita sehat Indonesia tingkat Kab.Bangka. 

Kegiatan ini untuk menciptakan balita yang ceria, kreatif dan sehat. Kegiatan lomba balita sehat Indonesia tingkat Kab.Bangka dilakukan di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Kab.Bangka pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 2019.

Kegiatan lomba balita sehat Indonesia tingkat Kab.Bangka di buka oleh Kasi Kesehatan Keluarga Rosmawati, SKM, M.Kes pada sambutannya menyampaikan Upaya peningkatan pelayanan kesehatan balita masih terus dilaksanakan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas cerdas, sehat dan kreatif. 

"LBSI yang diselenggarakan oleh Dinkes Bangka, ini merupakan upaya kami dalam membina dan mengevaluasi upaya yang telah sama-sama kita laksanakan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Intervensi baik secara fisik, jasmani dan rohani maupun sosial psikologi telah kita laksanakan, mudah-mudahan memungkinkan balita dapat tumbuh optimal dan terhindar dari kasus stunting." ujar Rosmawati, SKM, M.Kes

Sebanyak 22 balita yang terdiri dari 11 Puskesmas mengikuti kategori balita usia 6-24 bulan dan 11 kategori balita usia 2-5 tahun mewakili setiap Puskesmas yang ada di Kab.Bangka dengan mengikuti serangkaian penilaian seperti penilaian status gizi, penilaian gigi, penilaian tumbuh kembang dan penilaian fisik. Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, ahli psikologi, IBI dan PKK Kab.Bangka

Setelah rangkaian penilaian yang dilakukan dan mendapatkan hasil dengan nilai tinggi pada balita yang usia 6-24 bulan yang mendapatka juara 1 perwakilan balita dari puskesmas Sinar baru, juara 2 perwakilan balita dari puskesmas Gunung Muda dan Juara 3 perwakilan balita dari puskesmas Belinyu.

Adapun untuk kategori balita usia 2-5 tahun yang mendapatkan hasil nilai terbaik untuk juara 1 perwakilan balita dari puskesmas Baturusa, juara 2 perwakilan balita dari puskesmas belinyu dan juara 3 perwakilan balita dari puskesmas Bakem.

"Kami berharap semoga upaya yang telah kita laksanakan dapat terus meningkatkan kualitas anak bangsa, Khususnya untuk mengurangi angka kesakitan dan angka kematian pada Neonatal, bayi dan balita, selamat kepada para pemenang LBSI terutama untuk pemenang juara 1 yang nanti akan mewakili Kab.Bangka di LBSI tingkat provinsi dan teruslah untuk meningkatkan potensi tumbuh kembang balita secara optimal." ungkap Rosmawati, SKM, M.Kes selaku Kasi Kesehatan Keluarga. (17/10/2019)