Pelantikan SBH Kabupaten Bangka Tahun 2019

Pada hari Sabtu, Tanggal 27 Juli 2019 telah dilaksanakan Pelantikan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Sungailiat. Kepengurusan Ranting Sungailiat terdiri dari 3 Puskesmas yaitu Puskesmas Sungailiat, Sinar Baru dan Kenanga. Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan diri kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Acara tersebut dibuka dengan Pembacaan Surat Keputusan Pembentukan Kepengurusan Saka Bakti Husada Masa Bakti Tahun 2019 s/d Tahun 2022 oleh Kak Ansori Hakim selaku Sekretaris Kwaran Kecamatan Sungailiat dan dilanjutkan dengan melantik dan mengesahkan Kepengurusan Saka Bakti Husada sebanyak 28 orang oleh Ketua Kwaran Kecamatan Sungailiat Kak Zulfikar. Acara Pelantikan Saka Bakti Husada tersebut berlangsung dengan hidmat.

Setelah dilantik diharapkan kepengurusan Saka Bakti Husada Kwaran Sungailiat dapat lebih produktif, proaktif yang dapat memberikan suasana baru bagi pramuka serta dapat melibatkan adik-adik pramuka Saka Bakti Husada dalam setiap yang berhubungan dengan kesehatan, Kata Kak Zulfikar.

Menurut Pak Suwardi selaku Ketua Mabisaka yang baru saja dilantik diharapkan menjadi modal awal dalam meningkatkan peran serta adik-adik pramuka di sekolah dan akan ada pembinaan lebih lanjut untuk adik-adik pramuka yang akan dibimbing oleh instruktur krida yaitu Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Gizi, Krida Pengendalian Penyakit, Krida Bina Obat dan Krida Bina PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Diharapkan pelaksanaan kegiatan Pembinaan Saka Bakti Husada paling tidak dilaksanakan 2 kali dalam sebulan.

Kasi Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Ibu Susilawati mengucapakan selamat kepada yang dilantik dan dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab. Saka Bakti Husada diharapkan tidak hanya terbentuk tetapi juga ada pembinaan lebih lanjut dengan melibatkan adik-adik pramuka. Saka Bakti Husada ini merupakan salah satu UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat) untuk memberdayakan masyarakat agar mandiri dalam bidang kesehatan. Ibu Susilawati juga menyampaikan germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), harus terlibat dalam 6 krida yang sudah terbentuk karena germas merupakan satu-satunya program kesehatan yang langsung diperintahkan oleh Presiden melalui Inpres No. 1 Tahun 2017. Melalui Saka Bakti Husada, germas dapat lebih digiatkan untuk dilaksanakan dilingkungan masyarakat.

Semoga dengan adanya Saka Bakti Husada dapat memotivasi adik-adik pramuka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif dalam bidang kesehatan sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.