AYO TETAP AWASI TEKANAN DARAH, KADAR GULA DARAH, KOLESTEROL DAN ASAM URAT ANDA SELAMA BERPUASA KAMIS, 9 MEI 2019

Pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan asam urat dianjurkan sebagai langkah antisipasi adanya risiko hipertensi, diabetes, hiperkolesterolemia dan hiperuricemia. Bertepatan awal puasa ramadhan, Senin 6 Mei 2019 Pukul 15.30 wib s/d 17.00 wib telah dilaksanakan pemeriksaan gratis tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan asam urat di Pasar Ramadhan Cendrawasih (Grasi) oleh Petugas PTM (Penyakit Tidak Menular), Pak Sucasman, dr. Rudiyanto yang bekerja sama dengan DPD PPNI Kab. Bangka.

Pemeriksaan Gratis ini berlangsung selama bulan puasa dari hari Senin sampai dengan Sabtu, pukul 15.30 wib s/d 17.00 wib. Menurut dr. Rudiyanto selama berpuasa sebaiknya menjaga asupan makanan agar tetap sehat sampai Hari Raya. Dengan rutin melakukan pemeriksaan kimia darah dapat meminimalisir risiko penyakit tersebut diatas sehingga pengobatan ke dokter bisa lebih cepat tertangani.

Menurut anggota perwakilan PPNI (Pak Sucasman) menjelaskan bahwa pentingnya menjaga kesehatan di bulan puasa dengan mengikuti saran/ anjuran yang diberikan oleh dokter, walaupun dalam menjalankan puasa tetap melakukan aktivitas fisik ringan.

Pastikan bagi yang punya risiko diabetes, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi ,menghindari makanan yang terlalu manis pada saat berbuka dan sahur. Yang punya risiko hipertensi dan hiperkolesterolemia, jangan lupa untuk menghindari makanan asin dan goreng-gorengan (berlemak). Yang punya risiko hiperuricemia sebaiknya menghindari makanan seperti kacang-kacangan dan jeroan.

Bagi masyarakat yang menderita hipertensi, hiperkolesterolemia, diabetes dan hiperuricemia, jangan lupa supaya rutin kontrol ke puskesmas. Pastikan tubuh istirahat cukup selama berpuasa. Semoga lancar dalam menjalankan ibadah puasa.