INOVASI PETUGAS PROGRAM IMUNISASI PUSKESMAS KENANGA PENGAMBILAN DATA IMUNISASI KELILING ( PEDA-I KELING)

  Puskesmas kenanga wilayah kerjanya terletak di tengah  perkotaan. Sehingga puskesmas kenanga di kelilingi berbagai fasilitas kesehatan lainnya, mulai dari Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit swasta, dokter praktek swasta, bidan praktek swasta, mereka juga melaksanakan pelayanan imunisasi. Sehingga orang tua bayi dan baduta yang masuk dalam sasaran puskesmas Kenanga dapat dengan mudah memilih untuk mendapatkan pelayanan imunisasi dimana pun. Sehingga  timbul permasalahan dimana cakupan untuk bayi dan baduta yang seharusnya mendapatkan pelayanan  imunisasi setiap bulannya tidak mencapai target bulanan, sehingga bila hal ini didiamkan saja maka akan berakibat tidak tercapainya cakupan untuk target program imunisasi satu tahun.

Hal  tersebut membuat petugas imunisasi Puskesmas Kenanga harus menghimpun data bayi dan baduta yang mendapatkan imunisasi di luar pelayanan Imunisasi yang di laksanakan Puskesmas Kenanga agar target pelayanan setiap bulan dan target tahunan program imunisasi dapat tercapai. Maka muncullah inovasi Pengambilan data Imunisasi Keliling, yang di singkat dengan “PEDA-I KELING “ ini.

Kegiatan Pengambilan Data Imunisasi keliling ( PEDA-I KELING ) dilakukan setiap 3 hari terakhir hari kerja setiap bulannya. Untuk tahun ini kegiatan peda’i keling dilakukan di 3 Rumah Sakit yang berada di wilayah kota Sungailiat, Yaitu: Rumah Sakit Arsani , Rumah Sakit Umum Depati Bahrin dan Rumah Sakit Medika Stania. Kalau di rumah sakit pengambilan data imunisasi dilakukan di poliklinik anak di bagian imunisasi. Kegiatan ini juga di laksanakan di Klinik dokter spesialis anak yaitu di Klinik dr. Baiq Watik, SPA. Pengambilan data ini juga dilaksanakan di Klinik Bidan Praktek Mandiri yaitu di BPM Zuraina dan BPM Christine .

            Setelah kegiatan ini berjalan beberapa tahun Alhamdulillah target capaian imunisasi Puskesmas Kenanga selalu tercapai setiap tahunnya. Semoga kegitan ini dapat terus berjalan. Dan kerjasama dengan fasilitas  kesehatan dapat terjalin dengan baik dan dapat dijadikan sebagai inspirasi buat semua teman teman pemegang program imunisasi.

  1.       Tujuan Kegiatan ini
  • Meningkatkan cakupan bayi dan balita yang mendapatkan imunisasi.
  • Mencapai target Imunisasi Nasional
  • Mencapai target desa UCI
  • Mencapai target tahunan dari program imunisasi.
  • Membina Kerjasama dengan fasilitas kesehatan yang ada disekitar Puskesmas Kenang