TES KEBUGARAN CALON JAMAAH HAJI KABUPATEN BANGKA TAHUN 2019

Sungailiat- 05/03/20019. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka menyelenggarakan tes kebugaran bagi 231 calon jamaah haji sebelum keberangkatannya ketanah suci pada bulan juli mendatang. Tes kebugaran tubuh harus dilakukan sebelum keberangkatan minimal 1 kali.

Pembukaan acara tes kebugaran jamaah haji di buka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat  Dinkes Kabupaten Bangka, Elfie Suartini. SKM . Beliau mengutarakan, ini bukan untuk perlombaan siapa cepat dia juara, ini sebagai mengetahui bagaimana fisik kita maksimal atau tidak maksimal, jika kurang baik calon jamaah haji bias menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Selanjutnya kebugaran fisik sangat penting untuk membantu meminimalkan masalah kesehatan seperti gangguan jantung dan obesitas yang semuanya dapat mempengaruhi kehidupan dan fungsi pekerjaan sehari –hari. Salah satu kemampuan itu adalah Tes Kebugaran dengan Metode tes jalan Rockport & jalan 6 menit.

Calon jamaah haji yang dinyatakan sehat maupun berusia muda diminta mengikuti tes kebugaran dengan metode Rockport, yaitu dengan mengukur jarak tempuh sejauh, 1.6 KM dan dilihat waktu tempuh sesuai kemampuan fisik masing-masing. Jamaah yang tidak lolos Par & Q tes akan mendapatkan nomor dada berwarna kuning, tidak mengikuti tes Rockport tapi cukup tes jalan 6 menit. Yang diukur adalah jarak tempuh yang mampu dicapai selama 6 menit.

Para petugas terdiri dari Dokter, Pemandu dari Disparpora, Pol PP, Dinas Kesehatan Kab. Bangka & Petugas lain dari puskesmas,juga dibantu tenanga dari PSC 119” terutama mendampingi mereka yang bernomor dada warna kuning karena kondisi kesehatannya butuh pengawasan khusus.

Waktu keberangkatan ke Tanah Suci masih 3 bulan lagi calon jamaah haji dihimbau harus menajaga kesehatan. Jika kondisi tubuh kurang baik segera lakukan pemeriksaan rutin setiap bulan dan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur, rutin aktivitas fisik 30 menit perhari.