Riset Fasiltas Kesehatan 2019 Kabupaten Bangka

Kementerian Kesehatan akan melaksanakan Riset Fasilitas Kesehatan serentak di seluruh Indonesia dan Kabupaten Bangka sebagai salah satu lokasi Riset. Riset ini  bertujuan untuk memperoleh rekomendasi perbaikan pelaksanaabn Jaminan Kesehatan baik dalam aspek kepesertaan , tata kelola, manfaat dan pelayana Kesehatan

Rifaskes merupakan salah satu riset Kesehatan Nasional secara berkala yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan ( Badan Litbang) Kementerian Kesehatan.

Dalam rangka persiapan Rifaskes, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melalui Penanggung Jawan Operasional (PJO) dan Penanggung Jawab Adminstrasi Logistik  (PJAL) sudah menyapaikan surat izin ke Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bangka dengan nomor Surat 441/897/Kes 2019 tanggal 21 Februari 2019 perihal Rifaskes  Kesehatan 2019.

Riset dilaksanakan oleh tenaga enumerator ( pengumpul data) yang berlatar pendidikan dari Bidang Kesehatan dengan jumlah enumerator sebanyak 12 orang yang nantinya akan dibagi menjadi 3 ( tiga ) tim dimana masing masing tim terdiriari 2 (  dua ) orang.

Persiapan rekrut enumerator  Rifaskes tahun 2019 di laksanakan sesuai dengan tindak lanjut dari hasil Pertemuan Tk Provinsi . Perekrutan dilaksanakan II ( Dua ) tahap, dimana Tahap I dilaksanakan tanggal 21 sampai dengan 25 Februari  2019 dengan  Calon pelamar enumerator  sebanyak 7 (tujuh) orang. Perekrutan tahap II tanggal 6 sampai 8  Maret 2019 dengan jumlah pelamar calon enumerator sebanyak lima (5) orang. Enumerator yang  diterima sebanyak 6 orang sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan.

.Waktu pelaksanaan riset direncanakan selama lebih kurang 18 hari. Hasil Riset dapat dimanfaatkan dan menjadi bahan pertimbangan Kementerian Kesehatan dalam menyusun perencanaan dan strategi kedepan dalam mengambil keputusan.