Sepuluh Penyakit Terbanyak Kabupaten Bangka Tahun 2016

10 Penyakit Terbanyak 2016

 

BUPATI BANGKA LAUNCHING “SIDORA” “SETETES DARAH ANDA NYAWA BAGI SESAMA”

Launching Aplikasi SIDORA

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, kembali dengan membuat program inovasi di bidang pelayanan kesehatan. “SIDORA” merupakan aplikasi yang dibuat mandiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka untuk mendekatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan darah ketika dalam kondisi medis yang membutuhkan transfusi. Bupati Bangka Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM  menginisiasi pembuatan aplikasi ini dengan tujuan dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang seringkali menemui kesulitan untuk mendapatkan darah baik darah yang siap pakai maupun pendonor darah yang siap mendonorkan darah. Ide Bupati ini disambut baik oleh Kadinkes Bangka dr. Then Suyanti, MM yang segera merumuskan konsep SIDORA bersama tim teknis di Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

Dengan konsep SIDORA yang menyediakan data stok darah di UTDRS RSUD Depati Bahrin Sungailiat, data pendonor darah yang siap donor beserta identitas dan nomor kontak (harus dihubungi melalui UTDRS dan PMI), form registrasi calon pendonor yang belum terdata dalam data base SIDORA yang bisa diakses terbuka tanpa harus login, serta pertanyaan seputar donor darah dan masalahnya, diharapkan aplikasi ini dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi pengguna layanan kesehatan di Kabupaten Bangka. Di masa yang akan datang aplikasi SIDORA akan diintegrasikan dengan aplikasi SISRUTE dan e-Pus yang telah launching sebelumnya.

SIDORA dibuat oleh pegawai yang kompeten pada OPD Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka sdr. Hoirul Rijal, S.Pd.I, aplikasi SIDORA dibuat. Data pendonor darah rutin diambil dari UPTDRS, PMI Bangka, OPD Kabupaten Bangka. Pendonor darah yang belum mendonorkan darahnya setelah 2,5 bulan – 3 bulan setelah donor terakhir akan mendapatkan SMS notifikasi untuk mengingatkan pendonor agar mendonorkan darah kembali ke UPTDRS. Aplikasi SIDORA ini dapat diakses melalui web http://sidora.bangka.go.id.

Pada Jumat, 26 Januari 2018, Bupati Bangka melakukan launching SIDORA bersamaan dengan momen penandatanganan kontrak tenaga kontrak RSUD Depati Bahrin Sungailiat. Dalam sambutannya bupati menyampaikan bahwa kebutuhan darah tidak mengenal waktu dan taruhannya nyawa manusia, sehingga dengan dilaunchingnya aplikasi SIDORA ini, Bupati berharap bisa membantu masyarakat  di Kabupaten Bangka yang membutuhkan darah.