BUPATI BANGKA RESMIKAN RUMAH SAKIT PRATAMA “SJAFRIE RACHMAN PUDING BESAR” 15 JANUARI 2018

Bupati bangka ir. H. Tarmizi h. Saat meresmikan rumah sakit pratama puding besar “sjafrie rachman” pada senin, 15 januari 2018 dengan dihadiri oleh dprd kabupaten bangka, unsur muspida, ahli waris alm sjafrie rachman, kepala opd di lingkungan pemerintah daerah kabupaten bangka, dharma wanita persatuan kabupaten bangka, tim penggerak pkk, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Rumah sakit ini dibangun di atas tanah hibah dengan menggunakan apbd kabupaten bangka ta 2017. Pembangunan rumah sakit di wilayah kecamatan puding besar bertujuan untuk mendekatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Dalam sambutannya bupati bangka juga menyampaikan bahwa pembangungan ini memiliki tujuan jangka panjang hingga 50 tahun kedepan, sehingga jika kabupaten bangka mengalami pemekaran, sudah tersedia  rumah sakit yang menjadi salah satu syarat berdirinya kabupaten baru.

Berdasarkan peraturan menteri kesehatan nomor 24 tahun 2014 tentang rumah sakit kelas d pratama, definisi rumah sakit kelas d pratama adalah rumah sakit umum yang hanya menyediakan pelayanan perawatan kelas 3 (tiga) untuk peningkatan akses bagi masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, serta pelayanan penunjang lainnya.

Rumah sakit kelas d pratama paling sedikit menyelenggarakan: a. Pelayanan medik umum; b. Pelayanan gawat darurat;  c. Pelayanan keperawatan; d. Pelayanan laboratorium pratama; e. Pelayanan radiologi; dan f. Pelayanan farmasi. Tapi untuk operasional tahun pertama, rs pratama sjafrie rachman belum menyelenggarakan pelayanan radiologi.

Bupati bangka berharap dengan berdirinya rsud tipe d pratama di kecamatan puding besar ini, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut dan  mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Pada kesempatan ini juga, bupati bangka beserta dprd, unsur muspida, dan kepala opd melakukan penanaman pohon di halaman rumah sakit, yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh bupati bangka didampingi kepala dinas kesehatan kabupaten bangka dan pengguntingan pita oleh ketua tim penggerak pkk kabupaten bangka ibu hj. Mina tarmizi.

Capaian kinerja kesehatan yang menggembirakan di tahun 2017 adalah dinas kesehatan sudah mencapai 100 % target nasional bahwa minimal 1 puskesmas setiap kecamatan memiliki 1 puskesmas  terakreditasi. Saat ini semua puskesmas di kabupaten bangka sudah dilakukan survey akreditasi oleh komisi akreditasi fktp kemenkes ri dan 10 dari 12 puskesmas sudah terakreditasi dengan status 5 puskesmas terakreditasi utama (pkm petaling, batu rusa, bakam, belinyu dan sinar baru) dan 5 lainnya terakreditasi madya (pkm kenanga, riau silip, pemali, penagan dan puding besar), sementara itu pkm gunung muda dan sungailiat sedang menunggu hasil survey.