Data 10 Penyakit Terbanyak 2016 Kabupaten Bangka

10 Penyakit Terbanyak 2015

Pelayanan Bang Muda Masuk TOP 99 Sinovik 2017

Pelayanan Bang Muda Masuk TOP 99 Sinovik 2017

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Prestasi membanggakan kembali diraih Pemerintah Kabupaten Bangka. Inovasi pelayanan Bangka Mudah Dapat Akta atau Bang Muda masuk dalam TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik atau Sinovik yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kabupaten Bangka merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil masuk dalam TOP 99 Sinovik tahun 2017.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil Kabupaten Bangka), Rahmat Gunawan mengatakan Inovasi Bang Muda ini merupakan salah satu program pelayanan prima berupa pelayanan akta kelahiran bagi bayi yang baru dilahirkan di puskesmas dan rumah sakit dan pelayanan akta kelahiran dan akta kematian melalui pelayanan administrasi terpadu kecamatan atau PATEN.

"Alhamdullilah, inovasi kita, Bang Muda yang dulu namanya Prima Jaga Retak dapat masuk seleksi dan masuk TOP 99 Sinovik," jelas Rahmat Gunawan, Rabu (19/4/17) di Sungailiat melalui rilis Pemkab Bangka.

Diuraikan Rahmat, keputusan penetapan Bang Muda ini masuk dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2017 sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2017 tentang penetapan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2017.

"Senin dan Selasa kemarin kita diundang untuk rapat koordinasi di Kemenpan, dan Bang Muda dari Kabupaten Bangka masuk TOP 99 bersama dengan 98 inovasi lainnya dari kementerian, provinsi, kabupaten/ kota lainnya yang ada di Indonesia," ungkap Rahmat.

Terkait tahapan berikutnya, lanjut Rahmat Gunawan, Pemerintah Kabupaten Bangka pada tanggal 28 April ini akan melakukan presentasi dalam bentuk power point dan video juga terkait dengan inovasi Bang Muda ini.

"Kita tahap persiapan pengumpulan bahan, dan persiapan untuk bupati untuk melakukan paparan di Kemenpan dan RB nantinya di Jakarta," jelas Rahmat.

Rahmat berharap, Bang Muda ini dapat bersaing dan berhasil masuk lagi ke tahapan yang lebih tinggi dan menjadi yang terbaik.

Bang Muda merupakan singkatan dari Bangka Mudah Dapat Akta merupakan inovasi Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil adalah solusi layanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

Pengurusan akta kelahiran dan kematian ini merupakan langkah mudah dalam memberikan pelayanan dengan penyederhanan prosedur dengan cara penduduk tidak perlu lagi datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tetapi cukup ke puskesmas dan rumah sakit sebagai tempat pendaftaran pengurusan akta kelahiran bagi bayi yang baru lahir.

Berkas persyaratan akta kelahiran yang sudah lengkap dan benar akan dijemput atau diambil oleh petugas dinas ke puskesmas dan rumah sakit secara berkala. Penyederhanaan persyaratan tidak diperlukan lagi surat permohonan dan surat pengantar dari RT/RW, kadus, kaling, kades/lurah dan camat.

"Cukup dengan orang tua kandung merupakan penduduk Kabupaten Bangka, surat keterangan kelahiran asli dan dokter/bidan puskesmas/bidan desa, dan kartu keluarga asli orang tua, fotokopi KTP dan KK, dan fotokopi surat nikah atau akta perkawinan orang tua kandung yang telah dilegalisir, hal yang sama juga untuk akta kematian, ada surat keterangan dari dokter jika meninggal di rumah sakit, dan kades jika meninggal di rumah, KK asli yang meninggal dan fotokopi KTP dan KK yang meninggal dunia," tukas Rahmat.